Tips dalam memilih Konsultan dan Kontraktor Interior

Pada saat ini banyak sekali pilihan konsultan / kontraktor interior di Surabaya :dari mereka yang baru lulus kuliah - sarjana, sampai kepada mereka yang mencoba pindah profesi ke bidang interior. Lalu bagaimanakah sebagai konsumen, dapat memilih konsultan / kontraktor interior yang terbaik, yang bisa sesuai dengan kepiribadian konsumen itu?

Seperti kita ketahui, bahwa interior itu memiliki berbagai macam kegunaan. Salah satu kegunaannya adalah : interior berfungsi sebagai jiwa dari suatu tempat. Dengan berfungsi sebagai jiwa dari suatu tempat, interior dapat menaikkan nilai, baik nilai jual maupun nilai investasi suatu tempat. Sebagai contoh : Mengapa banyak orang yang "suntuk" suka pergi ke mall/cafe ? Karena di mall / cafe, terdapat interior yang dapat mengubah "mood" seseorang (mood booster), yang mana ketika orang tersebut "ngafe/ngemall", secara tidak langsung, cafe/mall yang didatangi tersebut akan juga menerima orderan (makanan/minuman/karcis parkis). Berapa banyak orang yang pertamanya tujuannya hanyalah untuk jalan-jalan "menghilangkan stres" di mall, tetapi akhirnya pulang membawa barang-barang?

Coba anda bayangkan, seandainya interior tersebut ada di rumah anda : di dalam kamar anda, di dapur anda, di ruang keluarga anda dll. Tentu akan banyak hal positif yang bisa terjadi. Suami-suami akan menjadi betah tinggal di rumah. Anak-anak akan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya, karena rumahnya memiliki "atmosfer" yang baik. Namun tentunya atmosfer yang paling utama adalah kondisi harmonis antara suami dan istri. Akan tetapi, jika keharmonisan sudah ada, Interior dapat menunjang hal itu.

Karena begitu pentingnya interior bagi properti setiap orang, maka seorang konsumen perlu mengetahui bagaimana sebaiknya memilih konsultan/kontraktor interior. Berikut ini mungkin dapat menjadi beberapa pertimbangan dalam memilih konsultan/kontraktor interior :

a. Carilah konsultan / kontraktor interior yang profesional.

- Anda mungkin akan mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membayar seorang profesional di awalnya, namun anda akan menghemat lebih banyak biaya di akhirnya. Lalu bagaimana mengetahui konsultan/kontraktor interior tersebut profesional atau tidak? Anda dapat melihat di resume/portofolionya : Apakah selama ini design/pengerjaan yang dihasilkan hanyalah merupakan pengulangan/pengkopian dari design-design/pengerjaan proyek sebelumnya atau dia selalu menghasilkan karya yang baru, yang selalu kreatif.? Ingatlah bahwa anda sudah mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli/membangun sebuah properti. Apakah anda tidak merasa sayang, jika akhirnya anda mendapatkan interior dengan hasil yang kurang hanya demi membayar "sedikit' lebih murah dengan memakai jasa yang kurang profesional?