Please reload

Recent Posts

Interior Consultant dan Interior Contractor

July 3, 2018

1/10
Please reload

Featured Posts

Interior Consultant dan Interior Contractor

July 3, 2018

 

Banyak orang bingung antara interior consultant dan interior contractor saat ini, sehingga tidak sedikit orang yang menggunakan jasa interior merasa bahwa ruangan yang diinteriori tidak menjadi bagus, malah menjadi kurang bagus. Mengapa bisa demikian?

 

Interior Consultant adalah konsultan interior yang memberikan konsep/ide tentang interior properti anda. Sedangkan Interior Contractor adalah aplikator dari gambar design yang dihasilkan oleh interior consultant.

Seorang konsultan Interior yang profesional memastikan bahwa gambar design yang dibuat merupakan gambar yang terbaik dan bisa diaplikasikan dengan baik di lapangan. (hasil jadi di lapangan harus sama dengan design yang digambar). Untuk itu, dalam membuat konsep, seorang konsultan interior profesional tidak akan sembarangan dalam membuat gambar design. Selain dalam masalah gambar, seorang konsultan interior profesional juga memikirkan dalam hal pemilihan material finishing yang cocok dan bisa diaplikasikan di lapangan sehingga hasil akhir properti yang diinterior bagus, bukan malah menjadi kurang bagus. Itu sebabnya, adalah hal yang bijaksana, jika anda menggunakan konsultan dan kontraktor interior yang sama.

Mengapa? Berikut ini ada 3 alasan yang perlu anda pertimbangkan :

a. Dalam mengaplikasikan gambar di lapangan, kontraktor interior tidak akan bisa menghasilkan karya yang sama jika tidak ada feedback dari pihak konsultan interior. Perlu diketahui untuk mengaplikasikan gambar design di lapangan tidak semudah seperti yang dipikirkan oleh beberapa orang. Diperlukan beberapa penyesuaian, seperti pengaturan posisi kelistrikan, masalah kolom bangunan, dan masih banyak lagi, yang mana hanya konsultan interior profesional saja yang dapat melihat ulang hal itu pada waktu pengaplikasian dan segera melakukan penyesuaian terhadap designnya, sehingga tidak perlu melakukan perubahan konsep, ide dan gambar secara total. Hal ini bertujuan agar hasil akhirnya akan tetap sama di lapangan dengan gambar design yang telah dibuatnya.

b. Tidak semua kontraktor interior dapat melakukan pemilihan bahan finishing yang baik.

Untuk bahan dasar dalam pembuatan interior, semua akan sama, yaitu plywood meranti/WPC. Untuk masalah fitting juga kurang lebih akan sama. Namun dalam hal pemilihan material finishing itulah yang tidak dapat dilakukan oleh pihak kontraktor. Mengapa? Karena pihak kontraktor hanya terbiasa untuk mengaplikasikan, bukan mengkonsep (kontraktor tidak dilatih untuk mengkonsep). Sedangkan seperti diketahui dalam pengaplikasian di lapangan, ada beberapa bahan material yang seringkali out of stock di market (hal ini tidak dapat diprediksikan sebelumnya), yang mana dalam hal ini diperlukan seorang konsultan interior profesional untuk segera melakukan pemilihan ulang bahan finishing yang cocok dengan design yang sudah disepakati. Tidak heran ada beberapa realisasi design tidak sebagus gambar design yang dihasilkan karena salah dalam pemilihan material finishingnya oleh pihak kontraktor (bukan pihak konsultan), dan justru membuat ruangan yang diinteriori tersebut menjadi tidak bagus.

c. Perlu diketahui bahwa cara berpikir kontraktor dan konsultan itu berbeda. Kontraktor biasanya berpikir untuk mempermudah pengerjaan dalam pembuatan interior (mungkin karena masalah anggaran dsb) sehingga tidak sedikit yang mengubah design yang dtelah diberikan oleh pihak konsultan, yang mana tanpa diketahuinya dapat berakibat fatal terhadap design interior properti anda. Dilain pihak, konsultan interior selalu berpikir untuk menghasilkan karya yang bagus. Itu sebabnya, mengapa jika konsultan dan kontraktor interior menjadi satu, hasil nya akan selalu bagus, dan tidak sedikit material yang disarankan oleh pihak konsultan akan selalu yang terbaik. Mengapa? Karena hati seorang konsultan akan selalu ingin melihat "design:" yang bagus teraplikasikan dengan baik.

 

Jadi setelah anda mengetahui akan hal tersebut, adalah bagian anda untuk memperimbangkan secara bijaksana untuk mencari konsultan interior properti anda yang profesional dan dapat juga menjadi kontraktor interior properti anda, agar interior properti anda tidak menjadi "rusak" hanya karena selisih harga yang "sedikit"; namun dapat membawa penyesalan dan kerugian di masa yang akan datang bagi anda.

 

 

 

 

Share on Facebook
Please reload

Follow Us

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive
  • Facebook Basic Square
  • Instagram Social Icon

PT. Kreasi Cemerlang Abadi

62-812-522-77359   |   info@livetesinterior.com

  • LinkedIn - Black Circle
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle